Jumat, 13 April 2018

3 Rahasia Hidup Bahagia Sebelum Tua


Apa definisi kebahagiaan?
“Walaupun Indonesia saat ini belum menjadi negara maju, tapi setidaknya warga di Kota Bandung menjadi yang paling bahagia se-Indonesia. 100% jomblo depresi minimal jadi jomblo bahagia karena ada Taman Jomblo di Bandung.”
Pada Oktober 2017 lalu, Ridwan Kamil sebagai pembicara pada kuliah umum di kampus saya, menceritakan “Negara-negara tetangga seperti Singapura itu sebenarnya 40 persen warganya tidak bahagia, ada lagi Korea dengan tingkat bunuh diri tertinggi kedua di dunia.”

Lantas apa sebenarnya definisi bahagia?
Katanya, kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Walaupun kebahagiaan setiap orang berbeda-beda, tapi sebenarnya kebahagiaan itu sama-sama sebuah perasaan yang positif dan dirasakan dari hati yang terdalam.

Rahasia hidup bahagia ala Ridwan Kamil
Berdasarkan angka Indeks Kebahagiaan Indonesia, Kota Bandung memiliki Indeks Kebahagiaan yang cukup tinggi, yaitu tahun 2017 sebesar 73,42 (sangat bahagia). Apalagi responden pada survei tersebut adalah kepala rumah tangga atau pasangannya, kategori remaja serta keluarga miskin. 
Menurut walikota initeori masyarakat maju adalah masyarakat yang bahagia, bukan masyarakat yang kaya raya, agar warga yang belum kaya minimal bisa bahagia. Kebahagiaan menurut orang Bandung berasal dari dua sumber, satu berkeluarga yang harmonis dan kedua dari rajin bersilaturahmi antar warga.
Warga Bandung Bahagia/ source

Hidup bahagia sebelum kepala 4
BPS menemukan bahwa Indeks Kebahagiaan penduduk cenderung mengalami penurunan dengan semakin bertambahnya umur. Secara sederhana fakta dari BPS mengatakan kalau Indeks Kebahagiaan seseorang lebih rendah apabila:
1. Sudah mulai memasuki usia 24 tahun ke atas
2. Termasuk penduduk perempuan
3. Sudah menikah

Sebagai perempuan dan nantinya akan menjadi seorang Ibu, tentu saya akan memikirkan kehidupan dari segala segi seperti kesehatan, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, lingkungan, rumah dan aset. Hal-hal tersebut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Bagi saya, ‘Terjamin’ adalah rahasia yang mewakili hidup bahagia sebelum memasuki usia kepala 4 nantinya.
1. Terjamin keamanan tanpa kecemasan berarti
Travelling hingga tua adalah harapan saya kelak. Tidak mau mencemaskan kondisi fisik dan tidak bisa kemana-mana, saya ingin bisa menikmati perjalanan bersama keluarga. Saya tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada solusinya, yaitu mengandalkan manfaat asuransi sebagai salah satu impian untuk melindungi diri sendiri atau keluarga. Dengan mendaftar Asuransi Jiwa di Commonwealth Life dengan produk Unit Link di dalamnya, secara langsung akan menjamin kesehatan di masa mendatang. 

2. Terjamin suatu keharmonisan keluarga
Tentu saya tidak ingin kondisi finansial menjadi permasalahan nantinya, apalagi jika itu menghambat pendidikan anak. Karena bagi saya pendidikan untuk anak adalah investasi terbaik. Jika pendapatan, pendidikan, kesehatan sudah terjamin, minimal sudah ada usaha untuk membangun keharmonisan suatu keluarga.

3. Terjamin akan adanya ketersediaan waktu luang
Bertambahnya usia, entah menjadi Ibu bekerja atau Ibu rumah tangga tentu akan menghabiskan banyak waktu. Mungkin rasanya 24 jam dalam sehari akan terasa kurang, apalagi akan mengurus banyak hal seperti pekerjaan dan anak-anak. Saya tidak ingin punya pikiran “Daripada repot-repot mengurus mimpi, lebih baik memikirkan apa yang ada saja”. Saya berharap punya ketersediaan waktu luang untuk mengejar mimpi tanpa abai terhadap intensitas bersama anak dan keluarga. 



Jadi, jika ingin bahagia, kita juga harus berusaha dari sekarang. Menjadi bahagia memang sebuah pilihan setiap orang, namun sebenarnya dalam kondisi apapun kita bisa berbahagia dengan banyak bersyukur.

Semoga saya, kamu, dan kita akan selalu berbahagia ya!



Sumber Pendukung: 
http://www.mediaindonesia.com/read/detail/114021-wali-kota-bandung-paparkan-proyek-indeks-kebahagiaan-di-yogyakarta
http://jabar.tribunnews.com/2017/09/25/ridwan-kamil-sebagian-besar-warga-kota-bandung-bahagia-kecuali-mereka-ini?page=2.
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3633167/ridwan-kamil-warga-antapani-paling-bahagia-andir-tidak-bahagia
https://portal.bandung.go.id/posts/2017/09/07/e8bb/indeks-kebahagiaan-kota-bandung-naik
http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/09/07/indeks-kebahagiaan-kota-bandung-naik-408967


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.