Minggu, 01 April 2018

Tentang kemewahan yang sederhana, temukan 11 hal ini di Inggris

Source image: kadekarini.com
Romansa sejarah di Britain dan panoramanya yang autentik akan membawa siapa saja terhanyut ke dalam satu dunia yang berbeda. Betapa tidak, budaya yang melekat dan pesona bangunan bersejarah yang memikat bisa disajikan dalam satu kedipan mata bak negeri dongeng. Mulai dari kehidupan kerajaan Inggris, sejarah musik The Beatles yang mendunia, serial novel James Bond yang fenomenal, atau cerita Harry Potter dan Sherlock Holmes yang tidak usang dimakan usia, Big Ben, Black Caps, dan bahkan satu fakta yang tidak semua orang Indonesia mengetahuinya: di Inggris terdapat 500 sampai 600 naskah kuno Indonesia. Unik, bukan?

Bagi sebagian orang, bisa pergi mengunjungi negeri yang kini dipimpin Ratu Elizabeth II itu adalah kemewahan. Tapi sadarkah kita, sebenarnya Britain dengan pesona sejarahnya ingin menyampaikan sebuah makna, bahwa sebaik-baiknya kemewahan adalah ia yang paling sederhana. 11 hal yang hanya kita temukan di Britain ini akan mengajarkanmu banyak hal. Mari kenal negeri ini lebih dekat dari hati - ke hati, agar pesonanya bisa terus terpatri.
1. Kehidupan Kerajaan Inggris
Banyak diantara kita yang bakal mengiyakan kalau kehidupan di Kerajaan Britania Raya penuh dengan kemewahan. Mulai dari Ratu Elizabeth II, Putra mahkota Pangeran Charles, Pangeran William dan Kate, dan anggota keluarga lainnya. Padahal sebenarnya dari sana kita bisa belajar arti keluarga untuk saling menjaga, juga keharmonisan antar satu dan lainnya yang dijalin sejak zaman nenek moyang. And it’s true, family is not also important, it’s everything.
Source: di sini
2. Westminster Palace
Jika dengan melihat Big Ben kita hanya fokus ke jam raksasa analog sebagai ikon khas London, maka Westminster Palace dengan sederhannya bisa membuat mata kita terpana. Kenapa? Dengan satu lansekap, kita bisa melihat kompleks istana Kerajaan Inggris yang berada di tepi Sungai Thames, di City of Westminster, Central London sekaligus Big Ben. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan Houses of Parliament, tempat Dewan Parlemen Kerajaan Inggris yang biasanya mengadakan pertemuan.
Source: di sini
3. Piccadilly Circus
Hanya sebuah ruang terbuka untuk publik dibangun pada tahun 1819 yang ada di persimpangan jalan di Kota Westminster, pusat kota london, pemandangan di tempat ini memang cukup sederhana jika sekilas melewatinya. Namun jika kita berdiri di sekitar patung Eros untuk beberapa saat, kita akan menyadari kenapa Piccadilly menjadi sebuah kemewahan tersendiri. Betapa tidak, diperkirakan lebih dari 100 juta orang dari penjuru dunia berjalan melewati persimpangan ini setiap tahunnya. Apakah ini yang namanya kemewahan tersembunyi?
Source: di sini
4. London Eye
Tidak dapat dipungkiri bahwa London yang memukau akan sangat cantik jika bisa melihatnya dari ketinggian. London Eye yang memiliki tinggi 135 meter bisa menyulap mata dengan pemandangan indah dan menakjubkan Kota London serta Sungai Thames yang juga terkenal. Sebuah kincir angin raksasa terbesar kedua di dunia ini terletak di seberang Houses of Parliament, South Bank dan dikenal juga dengan sebutan Millennium Wheel atau Ferris Wheel.
Source: di sini
5. Stonehenge
Siapa yang tidak tahu tempat bersejarah Stonehenge?
Situs yang terbentuk dari batu-batu besar persegi dan disusun melingkar yang berada di padang rumput mengajarkan kita bahwa sejarah yang besar tidak harus terjadi di tempat yang ‘wah’.
Stonehenge merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari tiga puluh batu tegak yang biasa disebut sarsens dengan ukuran yang kokoh dan megah dibangun antara 2500-2000 SM. Tempat ini juga termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1986.
Source: di sini
6. Tower of London
Sejarah awal Inggris tentu menjadi hal yang penting untuk diingat. Tower of London merupakan tanda penaklukan tanah Inggris oleh William, Duke of Normandy, seorang bangsawan Perancis yang dibangun pada tahun 1066. Ikon ini berada di perbukitan yang sengaja dibuat untuk memantau keadaan sekitar, sehingga kita bisa melihat dataran Inggris yang luas. Tempat ini mengajarkan pada kita bahwa untuk membangun negeri yang megah butuh perjuangan. Bukan kesombongan, melainkan usaha dalam perjalanan.
Source: di sini
7. Rumah Bersejarah Paul McCartney The Beatles
Musik The beatles always stay gold, right? Dapat diakui bahwa musik The beatles sangat mempengaruhi sejarah musik dunia. Die hard fans The Beatles ada dimana-mana dan bukan hanya di Inggris saja tapi di seluruh dunia, dan dari berbagai umur dan strata. Meskipun masa kejayaan The Beatles ada pada tahun 1960 an, tapi The Beatles dikenang dari masa ke masa.
Britania menjadi tempat yang menyaksikan John Lennon dan Paul membuat  lagu-lagu The Beatles tepatnya di rumah kediaman Paul. Rumah yang terletak di Veranda ini sudah tidak ditinggali dan sekarang dijadikan objek peninggalan sejarah dari The Beatles. Nampak seperti rumah sederhana Inggris pada umumnya.
Source: di sini
8. Serial Novel James Bond
Siapa yang tidak kenal dengan James Bond? Tokoh dalam serial novel yang fenomenal ini ditulis oleh Ian Fleming yang berfokus pada kisah fiksi salah seorang anggota dinas rahasia Inggris. Buku pertamanya diterbitkan tahun 1953, dan James Bond beralih ke layar lebar dan menjadi salah satu rangkaian film paling sukses di dunia. Negara ini benar-benar mencetak banyak sejarah ya?
Source: di sini
9. Natural History Museum
Pesona  yang menampilkan berbagai macam spesimen dari berbagai segmen sejarah alam menjadikannya salah satu tempat yang charming di London. Perpustakaan di sana berisi banyak buku, jurnal, manuskrip, dan koleksi karya seni yang terkait dengan pekerjaan dan penelitian departemen ilmiah. Museum ini diakui sebagai pusat unggulan sejarah alam dan penelitian bidang terkait di dunia. Britain menyampaikan pesan pada kita lewat sejarah, bahwa sesuatu yang mendunia bisa dilakukan berdasarkan pengetahuan, bukan popularitas semata.

Source: di sini
10. Shakespeare’s Globe Theatre
Tidak hanya musik, novel, dan karya menakjubkan lainnya. Di negara ini kita akan belajar bahwa kemewahan tidak selamanya dilihat dari harta dan gaya hidup yang glamour. Lewat Shakespeare’s Globe Theatre, penjuru dunia tahu kalau penulis drama, Shakespreare, banyak menulis drama terbesarnya. Ya, Shakespreare terkenal lewat karyanya. Ia dibesarkan lewat usahanya. Taman terbuka ini terletak di Soutwork, tepi selatan sungai Thames yang secara resmi mulai dibuka pada tahun 1997.
Source: di sini
11. Koleksi Naskah Indonesian Manuscript in Great Britain
Siapa yang menyangka, ternyata ada bagian dari sejarah di Indonesia yang ada di Britain. Dapat diperkirakan terdapat 500-600 jenis naskah kuno yang tersebar di sejumlah kota, antara lain di London, Manchester, dan Oxford. Salah satu naskah paling tua adalah naskah berbahasa Sunda yang ditulis pada akhir abad XVI. Negeri kerajaan yang terkenal ini pun tidak keberatan untuk menyimpan dokumen Indonesia, sebuah negara yang masih perlu belajar banyak hal. Tentang kemewahan yang sederhana misalnya.  
Source: di sini

               


4 komentar:

  1. Wah baca tulisannya jadi kangen ke London. Kalo favoritku suasana sekitar Westminster Palace sama London eye.. kayanya kalo jalan disana berasa menyusuri sejarah.. apalagi pas sunset di sekitar Thames.. romantis banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh yang komen udah pernah langsung ke Inggris, jadi pengin juga hahaha :v
      Noted! Bakal kesana kalau ada rejekinya:)

      Hapus
  2. salah satu negara yang menunjukkan bahwa banyak bangunan bersejarah yang kokoh tapi masih bisa diambil hikmah oleh orang jaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap benar sekali.
      Megah dan mewah bangunannya, tapi sederhana ya maknanya:"

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.