Senin, 03 April 2017

Siapa Bilang Introvert Nggak Bisa Kerja Tim?

[#Introvert, So Why?]
--Membahas seputar Introvert yang bikin orang-orang sering salah kaprah—

Kamu pernah merasa tidak nyaman dalam keramaian? Atau berteman dengan orang yang itu-itu saja? Yap! Mungkin Kamu adalah seorang Introvert seperti saya.
Image source: Pinterest

Introvert memang cenderung suka berkomunikasi secara personal. Bukan karena takut dengan kerumunan orang, tapi Kamu hanya merasa komunikasi personal akan bisa membicarakan sesuatu dengan lebih dalam. Kamu akan merasa tidak sabar untuk pulang jika terjebak dalam kumpulan orang yang membicarakan hal tidak penting seperti ‘OOTD yang menarik dipakai’ atau ‘Fesyen recomended’ hari ini’
Bener nggak?

Saya sering kali tidak betah jika berlama-lama berada dalam kerumunan seperti acara tertentu atau pertemuan-pertemuan dengan kolega baru. Dilansir dari The Introvert Advantage by Marti Olsen Laney, introvert memiliki saraf yang lebih lama untuk proses stimulus. Dengan kata lain, mereka akan terlihat lebih rumit untuk memproses interaksi. Introverts are carefully attending to their internal thoughts and feelings at the same time. 
Image source: http://www.quietrev.com

Jika banyak orang yang tidak paham dengan karakteristik Introvert, maka mereka akan berpikir kita adalah orang yang anti-sosial. Eits! Jangan salah kaprah! Introvert bukan orang yang anti-sosial, tapi seorang yang selektif. Dia hanya cenderung lebih berhati-hati. Menjalani pertemanan dengan ritme yang pelan, karena ingin tahu betul karakter dari seorang teman sebelum berhubungan terlalu akrab dengannya. Kamu berani membuka diri hanya untuk orang-orang tertentu saja. Ya kan?
Saya memiliki satu sahabat yang sampai saat ini benar-benar masih menjalani komunikasi. Teman SMP? Teman SMA? Teman Kuliah? Belum ada yang bisa saya sebut sebagai sahabat. Mungkin lebih kepada teman dekat :)

Lalu jika begitu, apa iya Introvert nggak bisa diajak kerja tim? Apa iya mereka tidak bisa profesional dalam bekerja? Siapa bilang?
Jika ada temanmu yang pernah mengatakan hal ini, sodorkan bacaan tentang sosok Introvert dan tunjukkan padanya kalau apa yang mereka pikirkan tentangmu itu salah besar.
Introvert adalah tipe pemikir. Kenapa? Karena mereka percaya ada "satu cara terbaik" untuk memecahkan masalah dan "satu cara yang benar" dalam melakukan sesuatu. Hal ini tentu akan mendorong Introvert profesional dalam kerja tim. Ia tidak akan membiarkan ‘timnya’ berantakan atau menyelesaikan kerja dengan tidak optimal. Oh iya! Introvet berbeda dengan pemalu! Perlu digaris bawahi, nih.
Mereka memiliki memori jangka panjang terhadap informasi tertentu. Orang-orang Introvert akan lebih sering membandingkan pengalaman lama dan barunya ketika akan membuat sebuah keputusan. Kenapa? Karena dia akan berhati-hati terhadap keputusan yang akan diambil. This means that introverts have an active dialogue with themselves and usually walk around with many thoughts in their minds. Bukan gila, kok :)

Ini tim terbaik saya:)


Melibatkan Intovert dalam hal kerja tim? Why not?
See you in the next posting about #Introvert


Referensi pendukung:
Campus Pedia
www.quietrev.com


8 komentar:

  1. wow mantap, siapa sangka ya introvert oke juga dalam tim

    -M.
    https://inklocita.blogspot.co.id/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, banyak yang salah kaprah sama introvert :D

      Hapus
  2. aku juga introvert.. :D
    tapi kalo urusan kerja kelompok sekolah ya mau gak mau, suka gak suka, harus mengesampingkan semua sifatku itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga ada sifat introvert yang salah kok :D

      Hapus
  3. Mungkin Introvert bisa diatasi dengan banyak teman dan tinggal dalam kelompok yang super bawel ... wkwkwk

    BalasHapus
  4. wah sependapat nih sama mbaknya :D btw aku juga agak2 introvert ya, but thats okay hihi btw follow balik sekalian blogwalking ke blogku monggo loh ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahah! Anw emang ada sih yang rada introvert, separuh dirinya ekstrovert. Atau kamu ambivert? LOL

      Salam kenal:) done ya, mba ehe.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.